Terkini

Sunday 27 July 2014

Undip Buka Prodi Baru Ekonomi Islam


JAKARTA - Pada tahun akademik 2014/2015, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang membukan program studi (prodi) baru, yakni Ekonomi Islam. Pembukaan jurusan di bawah naungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip itu menyusul Universitas Airlangga (UA) Surabaya, Universitas Brawijaya (UB) Malang, dan Universitas Indonesia (UI) yang sudah terlebih dahulu membuka prodi tersebut.


Menurut Dekan FEB Undip Mohamad Nasir, ide membuka prodi Ekonomi Islam itu muncul sejak 2011. Tapi, karena proses yang cukup panjang, mulai dari perijinan, belum adanya nomenklatur, hingga belum terpenuhinya beberapa persyaratan untuk membuka prodi baru, maka prodi Ekonomi Islam baru bisa dibuka tahun ini setelah mengantongi ijin dari Dikti.

Proses penjaringan mahasiswa baru untuk prodi Ekonomi Islam akan dilaksanakan melalui Ujian Mandiri (UM) S-1 dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT). Tercatat sebanyak 440 orang mendaftar melalui UM Undip, namun hanya 20 orang yang akan diterima melalui jalur tersebut.

Sedangkan, ujian tertulis jalur UMB-PT yang akan dilaksanakan 3 Agustus 2014 rencananya juga menampung sebanyak 20 orang. Sehingga, angkatan pertama prodi Ekonomi Islam berjumlah total 40 mahasiswa.

Nasir menyebut, visi prodi Ekonomi Islam adalah menjawab kebutuhan sumber daya di bidang ekonomi pada skala global. “Kami ingin menyediakan sumber daya yang berkompeten dalam skala nasional maupun global yang kaitannya dengan Ekonomi Islam,” kata Nasir, seperti dikutip dari laman Undip, Minggu (27/7/2014).

Sementara itu, untuk mencapai visi tersebut, telah disiapkan kurikulum untuk menunjang proses belajar mengajar pada prodi Ekonomi Islam. Kurikulum tersebut merupakan modifikasi dari ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi.

Sedangkan mata kuliah yang ditawarkan di antaranya Ekonomi Moneter Islam, Manajemen Keuangan Syariah, dan Auditing Syariah. Tak hanya itu, FEB Undip juga mulai melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia, perbankan syariah, Organisasi Kemasyarakatan Islam maupun Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) untuk mendukung pengembangan prodi baru itu.


(Okezone.Com / 27 Julai 2014)
---
Latihan & Perundingan: www.alfalahconsulting.com 
Perunding & Motivator: www.ahmad-sanusi-husain.com 
Pelaburan Saham Amanah Islam: www.unit-amanah-islam.com 
Islamic Unit Trusts Investment: www.islamic-invest-malaysia.com

No comments:

Post a Comment